Sunday 11 September 2011

Investasi Jabon

Jabon (Anthocephalus cadamba Miq.) Merupakan salah satu jenis kayu yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 – 1000 m dpl. Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan, termasuk kayu lapis, karena Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia. Kemampuan tumbuhnya sepadan dengan sengon/albasia apabila mendapat perawatan yang optimal.
Dari hasil uji coba yang telah dilakukan, KEUNGGULAN tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa sisi, diantaranya adalah:
o   diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/th
o   Masa produksi jabon yang singkat – hanya 4 – 5 tahun
o   Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus
o   Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri (self pruning)

Tentang kualitas kayunya sendiri, Jabon merupakan tanaman kayu keras yang dapat tumbuh sangat cepat. Lingkar batangnya pada usia 6 (enam) tahun bisa mencapai di atas 40-50 cm, batangnya bebas cabang sampai 60%,warna kayunya kuning terang sampai putih, dan kayunya tidak bobok oleh serangga, karena itulah kayu jabon sangat mungkin dimanfaatkan oleh Industri kayu.


Asumsi Penghasilan Penjualan Kayu Jabon Per Ha
1 HA 625 Pohon dengan Masa Panen 5-6 Thn
Dia.50 CM ,Tinggi 13 meter ---- Volume : 2,56 m3 x 625 pohon = 1600 m3
Menghasilkan kayu lebih kurang 1600 m3
 
Prediksi Harga 1,2 juta x 1600 m3
Maka diperoleh Hasil Rp. 1.920.000.000,- /Ha

Saat ini, kita lagi memulai untuk pembenihan baru. Karena kita sudah kehabisan stok  Yang dijual gak cuma benih, tapi kita juga jual bibit dengan tinggi sekitar 20-50 cm seharga Rp.2000 (sudah termasuk ongkos kirim). Untuk pemesanan 10.000 bibit kita akan kirim sampai tempat tujuan, khusus untuk wilayah jabodetabek. Tapi untuk pemesanan dibawah 10.000 bibit, silahkan ambil sendiri ke tempat persemaian di daerah Dramaga Bogor. Nah, jadi mau milih mana, beli yang 10.000 bibit atau yang kurang dari 10.000 bibit. Toh harga yang kita kasih sama..:)

bibit siap jual



pembibitan


grade benih


BENIH Jabon
Grade A : Rp. 4.000.000/kg
Grade B : Rp. 2.500.000/kg
Grade C : Rp. 1.500.000/kg
Tempat pembelian : Bogor
                                                            Persediaan : Terbatas


Untuk benih kita punya tawaran paket. Semacam di fast food, kita juga kasih paket hemat. Mungkin di  beberapa tempat untuk pembelian benih tidak disertai buku panduan unutk mengecambahkan benih. Tapi kita berikan buku panduan untuk pengecambahan plus konsultasi selama sebulan penuh. Namanya juga tanaman yang ditanam di daerah yang berbeda, tentunya serangan jamur dan hama juga berbeda-beda. Kita menjual benih minimal dalam ukuran 250 gram dan itu bisa jadi sekitar 30-50 ribu bibit.

jadi hutan kota
siap diolah
Masa panen Jabon 6 tahun sudah bisa dipanen. Jadi untuk bapak, ibu atau mas dan mbak dimana perusahaanya mau melakukan gerakan lingkungan dengan penanaman pohon, boleh dicoba produk yang satu ini. Hitung-hitung ikut menjaga bumi kita  dari serangan pemanasan global, walopun pemanasan global gak bisa dihentikan. Setidaknya bisa dikurangi dengan mejaga lingkungan kita tetap hijau.:)



1 comment: